PT PP Lega, Presiden Joko Widodo, Akhirnya Resmikan YIA Kulon Progo

oleh

JATENG, PT PP (Persero) Tbk menyelesaikan pembangunan proyek
Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA), di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA).
Dari sisi pembangunan airside, pelaksanaan pembangunan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 8 bulan.

Selain itu, landas pacu alias runway bandara tersebut dapat menampung pesawat terberat, yaitu Boeing 777 dengan kapasitas penuh dan pesawat terbesar, yaitu Airbus A380.

Novel Arsyad, Direktur Utama PT PP, menyampaikan, kapasitas ultimate runway dapat mencapai lebih besar dari 40 pergerakan pesawat per jam. Sedangkan dari sisi landside, kapasitas terminal di YIA mampu melayani 20 juta penumpang per tahun.

“YIA merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang memiliki Lantai Basement sebagai akses service karyawan dan tenant. Adapun bandara ini telah beroperasi penuh pada akhir Maret 2020,” katanya.

Masih katanya, proyek yang memiliki nilai kontrak Rp 6,98 triliun ini menyelesaikan Zona Airside tercepat dan bandara dengan pemakaian beton terbanyak.

“Pembangunan bandara baru ini dikerjakan dengan lingkup pekerjaan mencakup, antara lain aksesibilitas, landside dan airside,” ucapnya.

Arsitektur Bandara YIA didesain dengan konsep kearifan lokal dan terdapat pekerjaan Art Work, di mana dalam desain tersebut melibatkan 46 Yogyakarta.

Selain itu, dalam desain arsitektur tersebut juga terdapat pencerminan lima desa yang tanahnya terkena pembangunan bandara dalam yang divisualisasikan dalam bentuk Art Work.

“Dari sisi konstruksi perencanaan desain struktur dimana mampu menahan gempa dengan kekuatan 8,8 magnitudo dan menerapkan parameter gempa yang baru sebagai antisipasi tsunami dan likuifaksi,” ujar Novel.

Seperti diketahui, pada Jum’at (28/08/2020), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). Presiden Jokowi mengatakan bahwa YIA merupakan bandara terbaik di Indonesia pada saat ini.

“Alhamdulillah pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta telah selesai 650. Dan ini dikerjakan sangat cepat hanya selama 20 bulan, cepat sekali. Terima kasih PT Angkasa Pura I dan PT PP yang telah mengerjakan dengan baik dan membuat YIA menjadi bandara terbaik di Indonesia saat ini,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada acara peresmian bandar tersebut.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan telah diresmikannya Bandara Internasional Yogyakarta diharapkan dapat membantu menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Hal ini sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

“Kami memberikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I yang menyediakan area tenant di Bandara YIA untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM) seluas 1.500 m² di dalam terminal yang dapat menampung 300 UMKM dan area seluas 880 m² di gedung penghubung yang dapat mengakomodir 170 UMKM. Area tenant tersebut diberi nama Pasar Kotagede,” ucapnya.

Tampak hadir dalam peresmian tersebut, Gubernur Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi, Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Noval Arsjad yang didampingi Direktur Operasi 1 Anton Satyo Hendriamo dan General Manager PT PP Proyek YIA Andek Prabowo. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =